-->

Gunung Agung Awas, Bandara Lombok Kembali Beroperasi

Gunung Agung Awas, Bandara Lombok Kembali Beroperasi


Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali beroperasi pagi ini pukul 06.00 WITA setelah sempat ditutup sejak Minggu (26/11) pukul 17.55 WITA karena aktivitas vulkanik erupsi Gunung Agung.

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia) kemarin menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B8868/17 memberikan info kepada seluruh stakeholder penerbangan mengenai kondisi debu vulkanik di Bandara Internasional Lombok.

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono mengatakan, NOTAM tersebut berisi durasi waktu dan alasan penutupan Bandara Internasional Lombok.

Wisnu mengatakan, Abu vulkanik Gunung Agung telah menutup ruang udara di atas kawasan Lombok, sehingga dengan alasan keselamatan penerbangan, ruang udara tersebut tidak dapat digunakan. Karena itu, operasional Bandara Internasional Lombok di Praya ditutup sementara.

"Pada NOTAM yang telah diterbitkan, penutupan berlangsung hingga pagi ini pukul 06.00 WITA," ujar Wisnu dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/11).

Dari data yang dihimpun AirNav Indonesia, dampak penutupan maskapai, banyak penerbangan dari dan menuju Lombok terpaksa dibatalkan. Sedikitnya 23 penerbangan terdiri 10 penerbangan dari Lombok menuju sejumlah destinasi dan 13 penerbangan menuju Lombok dari sejumlah kota dibatalkan akibat penutupan Bandara Internasional Lombok.

Wisnu menambahkan, dengan mulai dibukanya Bandara Lombok pagi ini diharapkan masyarakat bisa beraktivitas kembali dan dapat mengatasi penumpukan penumpang, baik di Bandara Lombok maupun di bandara lain yang menuju ke lombok.

Meski sudah beroperasi kembali, namun perkembangan aktivitas Gunung Agung akan terus dipantau pihaknya guna mempertimbangkan keamanan penerbangan. Karenanya, aktivitas lanjutan Gunung Agung menjadi dasar AirNav Indonesia menentukan langkah selanjutnya.

"Alasan keselamatan adalah faktor utama kami dalam pemberian layanan navigasi," ujar Wisnu.

Adapun PVMBG pada Senin (27/11) pukul 06.00 WITA telah menaikan status Gunung Agung dari Level III (Siaga) menjadi level IV (Awas). Peningkatan status itu berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya.

0 Response to "Gunung Agung Awas, Bandara Lombok Kembali Beroperasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel